Skema kelistrikan Vespa PX sederhana

Salam Damai buat yang baca… yang pasti kita semua bersaudara…
selanjutnya, selain sebagai sharing, ane juga sangat berharap artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkan skema kelistrikan sederhana si semok Vespa kesayangan…
skema ini pernah ane aplikasikan di Vespa ane sendiri dan sekedar pamer, ini adalah hasil asli karya ane sendiri.. baiklah masbro-masbro lihat dan perhatkan gambar skema di bawah ini..

SKEMA KELISTRIKAN VESPA MODIF copy

Spesifikasi:

1.  CDI, milik Vespa Excel yang 5 kabel
2.  Coil, Spul lampu, spul CDI, dan Pulser, milik PX atau sekelasnya
3.  Regulator/Kiprok milik PX…
4.  Accu / Aki yang 12 Volt

Model Pensaklaran

model pensaklaran di vespa super

dari rangkaian skema di atas, bisa juga diaplikasikan ke semua jenis vespa.
jika masbro-masbro yang masih bingung atau barang kali ada yang mau nambahin, boleh kok kita sharing secara damai…

sekali lagi salam damai… Uye….

UPDATE nih gan…

Buat yang lagi nyari skema kelistrikan Vespa PX / Excel sederhana yang pake double stater.. ini skemanya saya kasih buat agan-agan…

untuk penempatan saklar staternya bisa diletakkan di bawah saklar utama… dengan menggunakan saklar model NC yang banyak dipasarkan di toko2 elektronik.. untuk bendiknya sendiri, saya sarankan pake punya jepangan ajah… yah punyanya honda grand/supra juga bagus…

untuk hal-hal yang belum jelas, boleh kok ditanyakan di kolom komentar… ya sambil kita sharing gitu….

SKEMA_KELISTRIKAN_VESPA_MODIF+double stater

semoga membantu…

About azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

Ingin Jadi Penulis™

Posted on 20 November 2013, in Elektronik, Uncategorized, Vespa. Bookmark the permalink. 71 Komentar.

  1. Keren… Pak angkat topi buat ente… Selipun ane gk ngerti same sekali ma ginian… Pi waw… Dirimu jenius, kembangkan lg pak bila perlu harus due hak cipta…!!!!

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      tengkiyu banget dengan komen dan like-y non…. tapi jangan ditambah dengan sanjungan dunkz…. soal-e ane masih kelas teri dengan yang gituan…

      sebetulnya masih banyak hal yang belum sempet ane tulis dan publikasikan untuk masalah style si semok Vespa… istri, anak, waktu dan masih banyak hal lain yang jadi pertimbangan untuk nulis-nulis..

      lain kesempatan, insya Allah ane posting seluruh nilai plus-y Vespa ane…

  2. aku mau nanya bro…vespa aku exclusive…jika aku make perjalanan jauh bru aku gak pasangin aki.y…..apakah bisa membahayakn CDI ?

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      setau ane ni gan, aki sama CDI Vespa gak ada kaitan.. soal-y CDI Vespa itu tipe AC…

      jadi kesimpulannya Aki boleh dipasang boleh juga engga papa…

  3. ane punya pesva px kalao ga pake kiprok ngaruh ga gan

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      yang pasti, kiprok sama pengapian ga ada kaitan gan…
      kiprok berfungsi untuk mengisi aki sama menyetabilkan voltase ke lampu utama….
      lihat baik2 skema yang ane gambar di atas….

  4. gambar yg diatas bisa untuk vespa spartan juga kah bos???

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      vespa apa ajah bisa gan… bahkan buat jepangan juga gak masalah… yg panting masih sistem kelistrikannya dan pngapiannya pake AC.. kalo DC beda lagih…

      semoga membntu..

  5. bang itu kiprok kan G G A (antena) nah yang dari spul masuk kiemana trus ke lampu yang mana?

  6. bang itu kan kiprok ada tulisan G G A (antena) yang dari spul ke mana yang ke lampu yang mana?

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      G= dari spull
      G= ke lampu depan
      A= ke + aki
      antena = sambungin ajah ke bodi.. atau (-) negatif aki..

      smoga membantu.

      • Bang, mau tanya. kalo nambah lampu sein. ikut G ke lampu atau A ke Aki?
        Makasih jawabannya bang

      • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

        dari A (aki) gan.. agan pake Flashernya pake punya jepangan ajah yang kaki dua.. mudah dan murah kok gan cuma kisaran Rp. 10.000..
        cara pasangnya, B ke/dari aki, L ke saklar sein….

        semoga membantu…

  7. Mas Bro ane mau nanya, ntu yang gambar warna kuning yang nempel diantara kabel warna merah yang dari Regulator/kiprok menuju kutub (+) accu namaya apa ya? trims

  8. azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

    ntu saklar on/off gan.. fungsinya sama seperti kunci kontak, itu bisa agan pasang di sekitar tepong.. atau bisa juga kabelnya dipanjangin menuju kunci kontak yg ada di stang…
    uia tambahan kalo kunci kontaknya 4 kabal seperti bawaan PX atau sekelasnya, kabel pematian mesin bisa ikut disambungkan..

    semoga bisa membantu…

  9. mas bro.mau nanya ni.klo pke kiprok yg kaki lima tlg ada sket gambar nya g.
    mslh nya kmren dpsang lmpu ny ok.
    tp aki kg ngisi

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      mau dibikin fullwave ya masbro…? kaya punya ane..
      emang masbro pake lampu apa..?

      • Mas bro…ana mau nanyak ni,klo spul nya pke spul excel bisa gk…?

      • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

        sama bro.. PX ke atas spulnya sama… mungkin cuma beda jumlah lilitan ajah… tp ga masalah tuh…
        yg pasti sama…
        jadi boleh2 ajah pake punya excel juga malah lebih bagus..

  10. Boss kn regulator ane kaki 3, trus kabel merah yg lari ke aki di taro kemana???
    Bisa ga di gabung sama kabel orange apa kabel hijau???
    Mohon pencerahan,,,,

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      regulator 3kaki ga bisa digunain buat ngisi aki gan.. kalo yg 4kaki bisa..
      bisa ajah ci diakali dg menggunakan dioda 6amper sebanyak 2 buah biar kuat nahan panasnya..
      cara pasangnya dioda dipasang paralel.. lalu sambungkan kaki hitam di kabel warna hijau (kabel yg menuju lampu utama).. yg kaki putihnya dioda itu yg ke kaki positif aki..

      moga manfaat

  11. bang kan itu pake cdi , kalo ane pake plati , jadi setrum yang ke cdi nya di kemanain ya ???

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      kalo buat platina, tentu sepulnya harus pake yang buat platina, terus kebel merah itu dibuang/tidak digunakan, karena platina tidak menggunakan pulser.
      sedangkan untuk skemanya…. dari spul platina menuju ke platina terus ke kondensor lalu ke Coil…

      selamat mencoba dan semoga manfaat…

  12. gan, kalo diaplikasikan ke vespa super misal ngak pake aki jalurnya tetep tingal copot yang ke akinya atau gimana? soalnya kalo pake aki katanya harus ganti kusus klakson aki, soalnya ane pake klakson biasa 12v? mohon bantuan

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      betul gan… klakson super setrumnya memang (AC) gak bisa pake setrum dari aki (DC).. bisa langsung koit tu klakson…
      tp kalo agan tetep pengen pake aki, agan jangan hawatir masih bisa kok gan klakson supernya dipake.. caranya, tu klakson ngambil setrumnya dari kabel yang nuju ke lampu depan (kabel ijo)… dijamin bunyi gan…

      silahkan dicoba..

      • misalnya saya ngak pake aki, agan punya ngak skemanya yang tanpa pake aki?

      • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

        Skemanya itu ajah gan.. Gak pake aki juga ga masalah…

        Ga pake kiprok juga bisa.. Tinggal sambungin ajah tu kabel ijo, merah, sama jingga yg ada di kiprok pd skema diatas…
        Kalo kurang jelas nanti saya gambarin skemanya..

      • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

        bisa dibuat gan.. tergantung pengennny agan

      • minta tolong buatin skemanya gan yang gak pake aki, soalnya saklar super dan PX tipenya juga beda, kalo lihat gambar diatas masih binggung saya.

      • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

        kalo buat super saklarnya musti ada yang diubah gan, klo ngikut skema punya ane…
        nanti saya buatin gan…

        uia, agan pake CDI supernya…???
        tuliskan spesifikasi yg agan mau… biar nanti ane jadiin klue buat skemanya..
        CDI kabel 5 / CDI kabel 3 / Platina
        Kiprok / aki / tidak pakai keduanya

      • saya pake cdi Tic gan kabel 5, magnit, spul dan kiprok milik excel, tanpa pakai aki, tolong ya gan buatin skemanya

      • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

        ini gan link skemanya… http://adf.ly/1aGKn8
        ini link swite kontaknya… http://adf.ly/1aGLQm

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      sudh saya jelaskan di bwh komentar agan

  13. Tanya mas, vespa saya habis kelistrikan mati ganti kabel body awalnya jadi normal, setelah s satu hari tau2 mati aja, pas saya cek kabel2 masih oke..
    itu masalah dimanaya ya, vesa saya pake kiprok tapi ga pake aki,
    itu masalah di spul ato di kiprok.nya..
    mohon bantuannya..

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      harus dites satu2 gan….
      mulai dari keluaran sepul yang menuju ke kiprok… diteruskan ke kiprok yang menuju lampu utama..
      kiprok tanpa aki gak masalah…

      semoga membantu…

  14. adefajarferdian

    Gan ane mau tanya dong hehe kalo ,kalo ane kan pake kiprok px yang palanya 4 ,terus kalo ane ganti pake kiprok pake punya excel itu bisa atau engak om ?
    Terima Kasih

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      bisa gan… gak ada bedanya… cuma bedanya hanya posisi kakinya ajah…

      • Mau tanya mas, kok kabel yg keluar dri rumah mesin banyak yah? Ada hitam, birU ,merah ,hijaunya ada 2 pink, putih. Motor sy CDI strada86 non aki

      • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

        hitam = massa/bodi
        biru = spool lampu/ ke CDI
        merah = pulser ke CDI
        putih = massa CDI
        hijau2 = spool CDI

        tp sebaiknya agan perhatikan dulu dari mulai sepulnya… barangkali warna kabelnya beda dengan yang ane tuliskan…
        semoga membantu

  15. mas mau tanya, kalo mau pasang dobel stater di vespa super skemanya kayak gimana ya? kebetulan saya pake kiprok kabel 4 + cdi kabel 5, katanya tingal tambah aki + dinamo starter tapi saya gak tau jalurnya. mohon bantuan gan.

  16. bro, saya punya excel, vespa kan kelistrikannya half wave, nah itu bisa di rubah ke full wave ngak ya? punya ngak skemanya? atau bisa bantu saya buatkan skemanya? mohon bantuan bro..

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      Ada gan… Cuma msh sebatas oret2an di buku waktu buat vespa sendiri…
      Nanti InsyaAllah saya buat gambarnya…

      • kalo ada waktu longar tolong buatin gan, sekaran saya posisi pake regulator/kiprok tiger, aki excel dan doble starter

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      sebetulnya kalo memang kiprok tigernya sudah terpasang, itu mudah gan…
      agan tinggal ubah ajah kabel lampu utama yg dari kiprok bawaan, dipindah ke kabel keluaran kunci kontak.. artinya lampu utama ngambilnya dari aki ke kunci kontak terus dari lampu kontak ke salkar lampu diteruskan ke lampunya..
      kesimpulannya agan cari kabel lampu utama yg dari kiprok, potong lalu pindahkan ke keluaran dari kunci kontak
      lihat gambar berikut http://adf.ly/1diIYz

  17. Mas, saya kan punya vespa super, sudah pakai sepul, magnet, cdi kaki 5 excel dan regulator excel, nah masalahnya sekarang saklar saya pake saklar gantung, tapi saya binggung jalurnya. Bisa bantu saya buatkan skema buat saklar gantung vespa.. tolong ya mas!!

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      Maaf sebelumnya…
      Yg dimaksud agan, saklar gantung itu yg seperti apa..?
      Apa saklar taun tua…?
      InsyaAllah ane bantu…

      • iya mas, saklar tahun tua, bawaan vespa tahun 63’an, bisa bantu saya buatkan skemanya, ini saya langsung ke lampu depan mas, jadi lampu belakang, klakson sama kontrol jauh – dekat belum fungsi, mohon bantuan mas?

      • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

        Kalo agan percaya ke saya, agan kirimin saklar taun tua-y ke alamat saya, nanti saya analisa jalur2nya terus skalian saya buatkan keterangan buat kabel2nya..setelah jadi, saya kirim kembali ke alamat agan..
        Sebab saya ga punya sempel untuk saklar model ini..
        Kalo super saya punya, bahkan sy sendiri juga pake…
        Kalo liat gambar di goole takutnya saya salah Analisa buat skemanya…
        Alamat saya di Indramayu.
        Kalo agan percaya dan bersedia kirim saklarnya nanti sya tuliskan alamat lengkap skalian no hp + bb-nya… Biar qt enak komunikasinya…
        InsyaAllah dgn senang hati saya bantu…

  18. Mas, saya kan punya vespa super, sudah pakai sepul, magnet, cdi kaki 5 excel dan regulator pxe, nah masalahnya sekarang saklar saya pake saklar gantung, tapi saya binggung jalurnya. Bisa bantu saya buatkan skema buat saklar gantung vespa.. tolong ya mas!!

  19. pagi mas, mau tanya, vespa saya excel 2003, jadi kemaren pagi vespa saya tiba tiba mati pas lagi dibawa ngantor, saya cek api nya gak ada, saya bawa ke bengkel terdekat, ama tuh bengkel cdi saya diganti cdi DC karisma (kalo gak salah) dan dilangsungin gitu katanya, jadi gak ke spull (katanya juga spullnya mati). dan sekarang posisinya udah idup, yang mau saya tanyain, itu ada efek negatifnya gak ya kalo di langsungin gitu dan pake cdi dc dan sgala macemnya diluar kenormalan standar, trus apakah saya harus bawa ke bengkel vespa, dan ganti spull dan cdi (standar vespa). apa udah biarin aja begitu? kalo dibiarin efek jangka panjang dan pendeknya apa ya? terimakasih mas

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      Salam hangat dan damai dari saya gan…
      sebetulnya CDI DC itu adalah pengembangan dari CDI AC yg kental digunakan di Vespa PX dan kakak-kakaknya. gak ada bedanya memang untuk masalah hasil apinya di Busi. perbedaanya hanya di jalur pengkabelan saja. CDI AC itu sumber listriknya langsung dari spul khusus untuk CDI, sedangkan CDI DC sumber listriknya dari aki. memang tanpa aki juga gak masalah, maksudnya sumber listrik diambil dari spul lampu ke Kiprok dilanjutkan ke CDI. tp menurut penelitian temen2, CDI DC jika tidak pake aki akan mempengaruhi umur dr CDI tersebut, CDInya akan cepat rusak karena listriknya belum stabil.
      jadi kalo Vespa agan sudah pake aki kaya standar bawaan Vespanya, menurut saya itu lebih baik menggunakan CDI DC, karena CDI DC lebih stabil dalam menghasilkan pengapian.
      kesimpulannya, gak masalah pake CDI DC yang sedang agan pake, jika Vespa agan ada akinya.
      semoga membantu.

      • sangat amat membantu sekali mas, boleh nanya lagi satu lagi? jadi ini dengan kondisi vespa saya dengan cdi dc dengan aki, tapi tanpa spull (soalnya kata bengkel dadakan itu spul saya mati) apakah kondisi seperti itu (tanpa spull) tidak berpengaruh buruk kemana mana? dan apakah saya harus dengan segera memperbaiki spull yang rusak?

      • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

        Diganti lg ke spul dan CDI yg smula jg ga papa…
        Tp klo menurut sy bagusan pake CDI DC, yg penting ada akinya. Sebab CDI DC tidak memerlukan spull khusus, karena memang sumber listriknya dr spull lampu..
        Alhasil pilihan terakhir Saya kembalikan lg ke agan.. Agan bandingkan enak pake yg DC apa AC…
        Skali lg sy pilih DC…

        Slamat mencoba…

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      Diganti lg ke spul dan CDI yg smula jg ga papa…
      Tp klo menurut sy bagusan pake CDI DC, yg penting ada akinya. Sebab CDI DC tidak memerlukan spull khusus, karena memang sumber listriknya dr spull lampu..
      Alhasil pilihan terakhir Saya kembalikan lg ke agan.. Agan bandingkan enak pake yg DC apa AC…
      Skali lg sy pilih DC…

      Slamat mencoba…

  20. Pagi mas, vespa saya exel thn 1996, gak bisa di stater, kenapa ya mas , apakah regulatornya sudah rusak?
    Mohon bantuannya

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      Mohon maaf gan.. Saya ga bisa langsung memfonis komponen apa yg rusak… Karena harus dicek terlebih dahulu setiap komponennya…
      Agan coba ke bengkel terdekat ajah… Pasti nanti dikasih tau penyakitnya…

  21. ass.vespa saya exclusive mau pasang aki gmn caranya,kiprok nya yang 4 kaki G,G,A,Ground,warna kabel hitam ground,hijau,hijau dan putih,dan kuning,yang saya mau tanya kabel yg masuk ke aki dan yang out ke lampu terima kasih sebelum nya.

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      Wa’alaikum salam…
      Kode di kiprok
      G= ke lampu depan
      G= kabel dari spull
      A= ke aki (+)
      Ground= massa (-)

      Kalo mengacu Warna kabel ada kemungkinan beda2..

      Semoga membantu…

      • ass.mas mau tanya vespa saya exclusive,mau di pasang aki bagaimana caranya,kiprok yg saat ini saya gunakan 4kaki,GGA dan ground,bagian mana saja yg masuk ke aki dan yg u ke lampu setelah di dc kan warna kabel kiprok nya adalah,kuning,hijau dan abu,hijau dan hitam,demikian pak mohon penjelasan dan terima kasih

  22. Bro! Ane mau pake lampu dpn tanpa spido kemudian rating dpn kiri kanan kemudian rating blkg kiri kanan ditambah lampu blkng plus rem kemudian klakson. Itu semua brp jalur kabel yg dipake, o y kalau kabel positif biasanya warnanya apa, thanks

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      Jujur gan kalo kabel bawaan vespanya ane gak ngerti..
      Makanya ane buat jalur sendiri seperti gambar di atas..
      Kako pengen pake sein tambah 2 kabel lg..

Tinggalkan Balasan

