Bisakah VESPA Hemat BBM?

vespa-azlizankSetelah dinaikkannya harga BBM oleh pemerintah, menjadi permasalahan tersendiri bagi para pengendara Scooter Vespa. Bukan rahasia lagi Vespa kesayangan kita yang rada boros BBM, mengingat cc semok rata-rata 150 cc. Kalau toh ada yang 50, 90 dan 125 cc, jumlah yang memilikinya sangatlah sedikit.

Pada kebanyakan scooteris umumnya rada keberatan memakai Vespa sebagai kendaraan hari-hari, meskipun untuk para penggemar lainya tidaklah menjadi kendala dalam mengatasinya. Ditengah sulitnya mempertahankan hoby ber-vespa ria, masih adakah cara untuk menyiasati tunggangan kita dalam mengkonsumsi Premium ?

Meski diam-diam dan tanpa penelitian akan dampaknya, ternyata di lapangan banyak scooteris yang sudah mengakali dengan mengutak-atik scooter supaya hemat BBM, tetapi unjuk kerja tenaga mesin tetap mumpuni.
Kalau scooteris mau mencoba, mungkin bisa dicoba

Prinsipnya adalah memperbaiki unjuk kerja karburator dan memperbaiki pengabutan BBM sebelum masuk ke ruang bakar Vespa (blok mesin). Tentu saja kualitas api tidak dibicarakan di forum kali ini.

Tahapan kerjanya adalah sbb :
1. Perbaiki packing di bawah karbu yang ke ruang pengisapan. Pada kebanyakan kasus, packing yang ini suka bocor, atau ada sedikit udara yang masuk.
2. Bukalah tutup karbutaor
3. Bukalah spuyer bensin.
4. Ketrik lubang bensin bawahnya pelan-pelan dg memakai obeng aja, sebab bahan kuningan ini sensitif patah. Buatlah menjadi rapat, lalu gerinda pelan dan hati-hati utk membuat lubang sebesar ujung jarum pentul. jadi lubang spuyer bensinnya di bikin kecil
5. Buka jarum langsam (jarum kecil) di karbu. Buat lubang bensin yang di bawahnya menjadi besar dengan cara dikorek. Ukurannya terserah pemakai, buat secukupnya.
Setelah semua spuyer dipasang, setel kembali setelan anginnya. sebab dengan ada perubahan ini, scooter kita menjadi tidak ada langsamnya

Setelah dirubah spuyernya tsb vespa kita akan irit bahan bakar, tetapi kinerja mesin tetap Ok. Hal ini terjadi disebabkan pengabutan BBM di buat sangat halus oleh karbu. Bahasa lainnya adalah BBM yg masuk ke ruang bakar, lebih banyak anginnya dari pada Bensin. Meski begitu, ga usah khawatir mesin akan panas.

Resep keluarga punggawa Vespa warisan babe ini sudah sukses.
Indramayu – Kuningan PP = Rp 25.000 sewaktu harga bensin Rp 4500. alias menghabiskan 5.45 liter aja alias 1 tangki penuh.

Sebuah dilema memang, sebab jika salah resep saja dalam pengaturan spuyer ini, alih-alih irit, yang terjadi malah seher semok kita akan menjadi jebol, sebab kepanasan. Dari itu perbanyak untuk mengurangi resiko jebolnya seher, usahakan campuran oli samping kita diperbanyak jika perjalanan kita jauh.

semoga bermanfaat buat para Skooteris.

sumber

About azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

Ingin Jadi Penulis™

Posted on 5 Februari 2013, in Hardware, Tips & Trik, Uncategorized, Vespa. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: