Macam-macam Sholat Sunnah

.

Macam-macam Sholat Sunnah

A.      Sholat Sunah Rawatib

Shalat sunah rawatib adalah shalat yang mengiringi solat wajib lima waktu dalam sehari yang bisa dikerjakan pada saat sebelum sholat dan setelah solat. Manfaat  salat sunat rawatib adalah menambah serta menyempurnakan kekurangan dari shalat wajib. Sholat sunah Rawatib terdapat dua jenis, yakni:

  1. Sholat Sunah Qobliyah, merupakan solat sunah yang dilakukan sebelum mengerjakan solat wajib.
  2. Sholat Sunah Ba’diyah, merupakan solat sunah yang dilakukan setelah mengerjakan solat wajib.

B.      Sholat Sunah Tahajjud

Shalat sunat Tahajud adalah shalat yang dikerjakan pada waktu tengah malam diantara shalat Isya dan Shalat Shubuh setelah bangun tidur meski sebentar. Jumlah rokaat shalat Tahajud minimal dua rokaat hingga tidak terbatas. Saat hendak kembali tidur sebaiknya membaca ayat kursi, surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq dan surat An-Nas. Manfaat sholat Tahajjud

C.      Sholat Sunah Hajjat

Shalat Hajat adalah shalat agar hajat atau cita-citanya dikabulkan oleh Allah SWT. Shalat hajat dikerjakan bersamaan dengan ikhtiar atau usaha untuk mencapai hajat atau cita-cita. Shalat sunah hajat dilakukan minimal dua rokaat dan maksimal duabelas bisa kapan saja dengan satu salam setiap dua roka’at, namun lebih baik dilakukan pada sepertiga terakhir waktu malam.

D.      Sholat Sunah Dhuha

Shalat Dhuha adalah shalat sunat yang dilakukan pada pagi hari antara pukul 07.00 hingga jam 10.00 waktu setempat. Jumlah roka’at shalat dhuha minimal dua rokaat dan maksimal dua belas roka’at dengan satu salam setiap du roka’at. Manfaat dari shalat dhuha adalah supaya dilapangkan dada dalam segala hal, terutama rejeki. Saat melakukan sholat dhuha sebaiknya membaca ayat-ayat surat Al-Waqi’ah, Adh-Dhuha, Al-Quraisy, Asy-Syamsi, Al-Kafirun dan Al-Ikhlas.

 

E.       Sholat Sunah Istikhoroh

Shalat istikhoroh adalah shalat yang tujuannya adalah untuk mendapatkan petunjuk dari Allah SWT dalam menentukan pilihan hidup baik yang terdiri dari dua hal/perkara maupun lebih dari dua. Hasil dari petunjuk Allah SWT akan menghilangkan kebimbangan dan kekecewaan di kemudian hari. Setiap kegagalan akan memberikan pelajaran dan pengalaman yang kelak akan berguna di masa yang akan datang. Contoh kasus penentuan pilihan seperti: memilih jodoh untuk dijadikan suami/istri, memilih pekerjaan, memutuskan suatu perkara, memilih tempat tinggal, dan lain sebagainya. Dalam melakukan shalat istikharah sebaiknya juga melakukan, puasa sunat, sodakoh, zikir, dan amalan baik lainnya.

F.       Sholat Sunah Hari Raya (Idul Fitri dan Idul Adha)

Sholat sunah hari raya biasa disebut sholat Ied, adalah ibadah sholat sunah muakkad yang dilakukan setiap hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Sholat Ied ini mempunyai rukun dan syarat yang tidak berbeda jauh dengan sholat-sholat lainnya. Yang paling terasa mencolok perbedaannya yaitu dalam hal takbir. Takbir sholat Ied disebut takbir zawa-id atau takbir tambahan sebanyak tujuh kali (selain takbiratul ihrom) pada rakaat pertama dan takbir sebanyak lima kali (selain takbir bangkit dari sujud) pada rakaat kedua.

 

G.     Sholat Sunah Dua Gerhana

Shalat sunah dua gerhana adalah Shalat yang dikerjakan pada saat terjadinya gerhana matahari (biasa disebut Sholat Kusuf) atau gerhana bulan (biasa disebut Sholat Khusuf) dengan cara dan ketentuan tertentu sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Kedua sholat ini dilaksanakan pada saat terjadinya masing-masing gerhana.

H.     Sholat Sunah Istisqo

Istisqo’ diambil dari kata “Istisqo” yang secara bahasa artinya minta siraman air. Adapun secara istilah artinya meminta siraman air kepada Allah dengan turunnya hujan ketika terjadi kemarau panjang. Meminta hujan kepada Allah merupa­kan perkara yang disyari’atkan dalam agama Islam tanpa ada perbedaan pen­dapat dikalangan ulama.

 

I.        Sholat Jenazah

Shalat jenazah merupakan salah satu praktik ibadah shalat yang dilakukan umat Muslim jika ada Muslim lainnya meninggal dunia. Hukum melakukan shalat jenazah ini adalah fardhu kifayah. Adapun ketentuan berkaitan dengan shalat jenazah adalah sebagai berikut:

Shalat jenazah sama halnya dengan shalat yang lain, yaitu harus menutup aurat, suci dari hadats besar dan kecil, suci badan, pakaian dan tempatnya serta menghadap kiblat. Mayit sudah dimandikan dan dikafani. Letak mayit sebelah kiblat orang yang menyalatinya, kecuali kalau shalat dilakukan di atas kubur atau shalat gaib.

 

J.        Sholat Sunah Taubah

Shalat taubat adalah shalat dua roka’at yang dikerjakan bagi orang yang ingin bertaubat, insyaf atau menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukannya dengan bersumpah tidak akan melakukan serta mengulangi perbuatan dosanya tersebut. Sebaiknya shalat sunah taubat dibarengi dengan puasa, sodaqoh dan sholat.

K.      Sholat Sunah Tasbih

Shalat tasbih adalah solat yang bertujuan untuk memperbanyak memahasucikan Allah SWT. Waktu pengerjaan shalat bebas. Setiap rokaat dibarengi dengan 75 kali bacaan tasbih. Jika shalat dilakukan siang hari, jumlah rokaatnya adalah empat rokaat salam salam, sedangkan jika malam hari dengan dua salam.

L.       Sholat Sunah Safar

Shalat safar adalah solat yang dilakukan oleh orang yang sebelum bepergian atau melakukan perjalanan selama tidak bertujuan untuk maksiat seperti pergi haji, mencari ilmu, mencari kerja, berdagang, dan sebagainya. Tujuan utamanya adalah supaya mendapat keridhoan, keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT.

Link Download versi Ms. Word dan PoworPoint

About azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

Ingin Jadi Penulis™

Posted on 26 Maret 2012, in Agama, KBM, PKBM_tag, Umum, Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: