Komponen Komputer

.

azlizank

Cara kerja komputer

C.    Komponen Komputer
1.    Hardware

Hardware atau perangkat keras adalah sekumpulan perangkat elektronik yang berfungsi melakukan proses input, proses pengolahan data, dan proses output. Secara umum cara kerja komputer dapat digambarkan seperti diagram di samping.

a.    Perangkat Masukkan (Input Device)
Perangkat input merupakan alat yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah pada komputer. Secara umum perangkat ini terdiri dari:
1)    Keyboard

Keyboard atau papan ketik merupakan alat yang biasa digunakan untuk menginput informasi (huruf, angka, karakter khusus) pada komputer. Terdapat 3 jenis keyboard yang sudah digunakan orang, yaitu Jenis QWERTY, jenis DVORK, dan jenis KLOCKENBERG. Namun keyboard yang paling banyak digunakan adalah keyboard jenis QWERTY yang susunannya seperti mesin ketik manual. Tombol-tombol Jenis keyboard QWERTY dikelompokkan menjadi empat bagian yaitu:  typewrite key, numeric key, function key, dan special function key.
2)    Mouse

Mouse merupakan alat yang berfungsi untuk memberikan perintah-perintah pada komputer yang sulit dilakukan jika menggunakan keyboard. Pada saat ini penggunaan mouse sudah umum digunakan oleh pengguna komputer. Pada mouse terdapat 3 buah tombol dan salah satu tombol dapat berfungsi ganda sebagai penggulung. Penekanan tombol mouse biasa disebut dengan istilah klik. Berikut penjelasan tentang klik pada mouse.

b.    Perangkat pemroses
Perangkat pemroses atau yang biasa dikenal dengan nama CPU (Central Processing Unit) adalah perangkat yang bertugas mengelola sekaligus memproses instruksi-instruksi dari perangkat input, sehingga pada saatnya nanti menjadi instruksi/informasi bagi perangkat output. Berikut adalah komponen-komponen utama pembentuk CPU.

1)    Processor
azlizankProcessor merupakan bagian yang sangat penting dalam komputer. Alat ini bertugas sebagai pengolah data/ informasi dan biasa disebut sebagai otaknya komputer. Kemampuan suatu komputer dapat dilihat dari processor yang digunakannya, sehingga semakin tinggi tingkat processornya semakin baik fungsi komputer tersebut.

2)    Memori/media penyimpan
Perangkat lain yang turut berperan dalam upaya pengolahan data adalah memori. Dalam CPU terdapat beberapa jenis memori, antara lain:

a.    RAM (Random Access Memory),

adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan perintah-printah yang sifatnya sementara, perintah-perintah tersebut yang nantinya akan diproses oleh Processor. Sifat sementara ini maksudnya adalah jika komputer dimatikan atau mati listrik, perintah-perintah yang tersimpan di RAM akan hilang.

b.    ROM (Read Only Memory),
azlizank
merupakan memori yang hanya dapat dibaca dan tidak dapat diisi. Isi ROM sudah dibuat oleh pabrik pembuatnya berupa program booting dan BIOS (Basic Input Output System). Booting diperlukan untuk mengambil perintah pertama sistem operasi dari hardisk. Sedangkan BIOS adalah software yang mengatur alat-alat input dan output pada komputer. ROM biasa dikenal dengan istilah Chipset yang terletak pada mesin utama (Mainboard).

c.    Harddisk,

merupakan salah satu jenis media penyimpanan luar (selain flashdisk, disket, CD, MMC, dsb) yang memiliki kapasitas besar. Saat ini kapasitas harddisk telah sampai 1 terrabyte atau sama dengan 1.000 GB. Harddisk berfungsi menyimpan data dari RAM, apabila data telah disimpan di harddisk data tersebut tidak akan hilang walaupun listrik mati. Harddisk memiliki sifat penyimpanan semi-permanen, artinya data yang ada di dalam harddisk dapat ditambah ataupun dihapus.

c.    Perangkat output
Perangkat output adalah perangkat yang bertugas menghasilkan informasi dari media pemroses. Secara umum perangkat-perangkat ini terdiri dari monitor, printer, dan speaker.

1)    Monitor

Monitor bertugas menampilkan informasi dalam bentuk tampilan pada layar baik berupa teks ataupun gambar. Adapun jenis monitor yang ada pada saat ini antara lain: Monitor CRT (televisi), Monitor LCD, dan Proyektor (infokus).

2)    Printer

Printer berfungsi menghasilkan informasi berupa cetakan pada kertas baik berupa teks ataupun gambar. Adapun jenis printer yang ada pada saat ini antara lain: Printer Dot Matrix, Printer Ink-Jet, dan Printer Laser-Jet.

3)    Speaker

Speaker berfungsi menghasilkan informasi berupa suara baik suara manusia ataupun suara musik. Saat ini banyak sekali jenis dan variasi dari speaker.

d.    Perangkat penyimpan luar
Sebetulnya harddisk tergolong perangkat penyimpan luar, akan tetapi karena harddisk terletak di dalam kotak CPU maka agar lebih mudah dipahami sebaiknya penulis golongkan pada perangkat pemroses. Selain harddisk, saat ini sudah banyak peralatan lain yang berfungsi sebagai perangkat penyimpan yang sifatnya portable (mudah dibawa) dan dapat digunakan pada komputer-komputer dan peralatan-peralatan lain misalnya DVD-Player, Handphone, I-Pod, kamera digital, dan masih banyak lagi. Adapun jenis-jenis penyimpan tersebut antara lain:

1)    Flashdisk


Pada saat ini, telah banyak muncul media penyimpan yang disebut Flashdisk. Alat ini memiliki bentuk yang cukup kecil, akan tetapi memiliki kapasitas penyimpanan yang besar jika dibandingkan dengan media penyimpanan portable lain yang secara fisik bentuknya besar, kapasitas penyimpanan ini mulai dari 32 MB sampai dengan 16 GB. Alat ini dapat bekerja jika alat ini dikoneksikan pada USB (Universal Serial Bus) yang terdapat pada CPU.
2)    Memori eksternal


Seperti halnya Flashdisk, memori eksternal memiliki bentuk fisik yang kecil namun kapasitasnya besar. Media penyimpanan ini banyak jenisnya antara lain: MMC, MicroSD, McPro, dan sebagainya, sehingga memori ini banyak diguna-kan pada Handphone, camera digital dan masih banyak lagi.

3)    CD dan DVD

CD (Compact Disk) merupakan media penyimpan yang secara fisik memiliki bentuk seperti kepingan tipis yang memiliki kapasitas simpan sebesar 700 MB. Selain CD, kini telah muncul DVD (Digital Video Disk) yang memiliki kapasitas simpan lebih besar dari CD yaitu sekitar 4 GB.
Dari kedua jenis penyimpanan ini masing-masing memiliki dua sifat penyimpanan yang hanya dapat dibaca (read) serta dapat dibaca dan ditulis (read and write). Artinya jika CD-R (Compact Disk-Read) atau DVD-R (Digital Video Disk-Read) berarti jenis ini hanya dapat dibaca, sedangkan CD-RW (Compact Disk-Read and Write) atau DVD-RW (Digital Video Disk-Read and Write) berarti jenis ini dapat dibaca dan dapat dihapus untuk ditulis kembali.

4)    Disket


Dahulu disket umum digunakan sebelum adanya harddisk. Disket memiliki kapasitas hanya 1,44 MB. Karena kapasitasnya sangat kecil, media penyim-panan ini sudah mulai ditinggalkan pada saat ini.
Dari berbagai jenis penyimpanan di atas, memiliki kapasitas atau daya tampung data yang dihitung dalam satuan byte.

Perhitungan atau pengukurannya adalah sebagai berikut:
1 Kilobyte (KB)    =    1.024 byte    =    1.024 byte    =    seribu byte
1 Megabyte (MB)    =    1.024 Kilobyte (KB)    =    1.024.000 byte    =    1 juta byte
1 Gigabyte (GB)    =    1.024 Megabyte (MB)     =    1.024.000.000 byte    =    1 miliyar byte
1 Terabyte (TB)    =    1.024 Gigabyte (GB)    =    1.024.000.000.000 byte    =    1 triliyun byte

2. Software

ke Daftar Isi

About azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

Ingin Jadi Penulis™

Posted on 10 Desember 2011, in Hardware, Kelas X, PC & Laptop, PKBM_tag, Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: