Topologi Jaringan

.

E.    Topologi Jaringan
Topologi jaringan merupakan tata letak suatu jaringan atau pola tertentu yang digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dalam jaringan. Berikut adalah beberapa topologi jaringan yang sering dikenal.
1.    Topologi Mesh
Instalasi topologi ini, semua node/terminal saling terhubung seperti diilustrasikan pada gambar di bawah ini. Topologi ini hampir tidak pernah dipakai karena jika terjadi kerusakan sulit ditangani.

Gambar Topologi Mesh

2.    Topologi Bus
Topologi ini menggunakan kabel BNC (seperti kabel antena TV) dan pada kedua ujungnya diberi Terminator (pelepas tegangan). Topologi ini sebenarnya cukup sederhana dan mudah ditangani, namun sekarang telah banyak ditinggalkan karena lalu lintas data terlalu padat saat semua komputer beroperasi dan apabila satu node rusak maka keseluruhan node tidak dapat berfungsi. Topologi Bus diilustrasikan seperti gambar di bawah ini.

Gambar Topologi Bus

3.    Topologi Ring
Pada topologi ini setiap node dihubungkan sehingga membetuk pola seperti lingkaran. Kabel yang digunakan adalah kabel BNC. Oleh karena tidak memiliki ujung, maka pada topologi ini tidak memerlukan Terminator seperti pada topologi bus. Namun demikian topologi ini juga telah banyak ditinggalkan karena memiliki kelemahan yang sama dengan topologi bus. Selain itu dalam hal pengembangan jaringan, topologi ini juga sulit dilakukan.

Gambar Topologi Ring

4.    Topologi Star
Seperti namanya, topologi ini memiliki bentuk pemasangan menyerupai seperti bintang. Setiap node pada jaringan ini terhubung secara terpusat pada HUB atau switch yang dihubungkan dengan menggunakan kabel UTP dengan konektor RJ-45. Topologi ini yang paling banyak digunakan pada saat ini. Berikut adalah gambar ilustrasi topologi star.

Gambar Topologi Star

Topologi ini yang paling banyak digunakan pada saat ini karena memiliki kelebihan sebagai berikut:
1)    Fleksibel dalam pemasangan karena setiap node terhubung secara terpusat pada HUB.
2)    Pengembangan dan pengelolaan jaringan mudah.
3)    Kerusakan atau perawatan yang dilakukan pada satu node tidak berpengaruh pada node yang lain.

ke daftar isi
ke …

About azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

Ingin Jadi Penulis™

Posted on 22 November 2011, in Internet & Jaringan, Kelas X, Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: