Pengertian Dasar Komputer

.

B.    Pengertian Dasar Komputer


Komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang berarti menghitung, dan dalam bahasa Inggris yaitu to compute. Namun pada kenyataannya komputer tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk menghitung saja, akan tetapi cara kerjanya menggunakan sistem perhitungan. Komputer adalah perangkat elektronik yang dapat mengolah data menjadi suatu informasi, dan dapat menjalankan program yang tersimpan dalam memori yang bekerja menurut suatu aturan tertentu.
Agar komputer dapat berfungsi sebagai pengolah data yang dapat menghasilkan informasi, maka diperlukan sebuah sistem komputer. Untuk itu, terdapat 3 elemen penting dalam sistem komputer yang saling berkaitan satu sama lainnya agar menjadi satu kesatuan yang dapat menghasilkan informasi yang diharapkan. Elemen-elemen tersebut antara lain:

  1. Hardware atau perangkat keras, yakni peralatan yang secara fisik dapat terlihat dan bisa dijamah;
  2. Software atau perangkat lunak, yaitu sebuah program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data, dan secara fisik software tidak dapat dilihat maupun dijamah hanya saja keberadaannya dapat dirasakan;
  3. Brainware, yaitu manusia yang mengoperasikan dan mengedalikan sistem komputer tersebut.

Sistem komputer akan sangat membutuhkan dari ketiga elemen tersebut. Hardware tidak akan dapat berfungsi apa-apa jika tidak diimbangi dengan software begitu juga sebaliknya, dan dari keduanya tidak akan bermanfaat apa bila tidak ada brainware yang mengendalikannya.

C. Komponen Komputer

ke daftar isi

About azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

Ingin Jadi Penulis™

Posted on 22 November 2011, in Hardware, KBM, Kelas X, PC & Laptop, Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: