Area Jaringan

C.    Area Jaringan
Area jaringan atau skala jaringan merupakan kelompok jaringan yang dibedakan berdasarkan wilayah atau tempat sebuah atau beberapa jaringan berada. Pada dasarnya area jaringan terdapat empat macam yakni LAN, MAN, WAN, dan Internet.
1.    LAN (Local Area Network), adalah jaringan milik pribadi yang berskala relatif kecil dan dibatasi oleh suatu batasan geografis tertentu, misalnya gedung-gedung sekolah atau gedung-gedung perkantoran. Namun tidak sedikit LAN yang hanya memiliki area sebesar satu ruang saja.

azlizank

2.    MAN (Metropolitan Area Network), pada dasarnya merupakan LAN yang berukuran lebih besar yang mencakup beberapa LAN yang saling terhubung. Biasanya antar gedung atau antar perkantoran yang letaknya berdekatan guna berbagi informasi.

MAN (Metropolitan Area Networking)

3.    WAN (Wide Area Network), pada dasarnya WAN tidak jauh berbeda dengan MAN. Akan tetapi WAN memiliki ruang lingkup yang lebih luas bahkan tidak terbatas hanya pada suatu letak geografis saja, tetapi dapat melintasi kota bahkan negara sekalipun.

WAN (Wide Area Networking)

4.    Internet, dari besarnya skala, internet sebenarnya sama dengan WAN, tetapi WAN bersifat privat (pribadi) artinya hanya orang-orang tertentu yang dapat mengaksesnya. Sedangkan internet bersifat publik sehingga semua orang dapat mengakses jaringan tersebut.

azlizank

Internet (International Networking)

ke Daftar Isi
ke Media Penghubung/Transmisi

About azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

Ingin Jadi Penulis™

Posted on 18 November 2011, in Internet & Jaringan, Kelas X, PKBM_tag, Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. thanks gan sangat membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: