PENGENALAN DESAIN GRAFIS

A. Gambar Foto/Bitmap

1. Pengertian
Gambar bitmap merupakan tiruan persis yang menyerupai aslinya, yang tersimpan dalam bentuk gambar digital. Bitmap tersusun oleh banyak titik warna yang biasa disebut resolusi/pixel/dot/point/titik koordinat yang ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai warna tersendiri, sehingga membentuk pola gambar pada sebuah media tertentu. Gambar bitmap dihasilkan oleh kamera digital, scanner, dan beberapa media lain. Kita dapat mengenali jenis gambar bitmap dari file komputer yang berekstensi *.jpg, *.tiff, *.gif, *.png, *.pix, dan lain-lain.

2. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan dari gambar bitmap yaitu:
– Mampu menangkap nuansa warna dan bentuk yang natural/ menyerupai aslinya dalam bentuk 2 dimensi;
– Lebih cepat dan lebih sesuai untuk ditampilkan ke layar monitor, karena gambar bitmap dapat ditransfer secara langsung dari file ke layar monitor.

Sedangkan kekurangan/kelemahan dari gambar bitmap yaitu:


– Perbahan ukuran gambar (pembesaran atau pengecilan) dapat mempengaruhi kualitas gambar;
– Ukuran file gambar relatif besar; – Jika dilakukan kompresi, maka kualitas gambar tersebut akan menurun.

3. Aplikasi Pengolah Gambar Bitmap

Azlizank

azlizank

Perangkat lunak pengolah foto/bitmap yang banyak digunakan adalah perangkat lunak Adobe Photoshop. Adobe Photoshop adalah perangkat lunak yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dari pengguna amatir sampai dengan pengguna profesional, sehingga dianggap sebagai perangkat lunak pengolah gambar terlaris. Selain Photoshop, ada beberapa perangkat lunak lain yang dapat mengolah foto/gambar, seperti: Corel Photo Paint, Microsoft Photo Editor, Macromedia Fireworks, Paint, dll. Namun kemampuan Photoshop jauh lebih baik.

B. Gambar Vektor

1. Pengertian
Gambar vektor adalah gambar yang tersusun oleh sekumpulan garis, kurva, dan bidang tertentu dengan menggunakan serangkaian perintah tertentu. Setiap garis, kurva, dan bidang tertentu tersebut memiliki sifat berbeda berupa fill (area), stroke (coretan), dan node (tangkai yang bisa ubah). Berbeda dengan gambar bitmap, gambar vektor tidak dipengaruhi oleh resolusi/pixel, sehingga ketika kita mengubah ukuran gambar vektor tidak terjadi perubahan kualitas gambar.

2. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan dari gambar vektor, yaitu:
– Bersifat scalable, artinya ketika kita mengubah ukuran gambar (pembesaran atau pengecilan) kualitas gambar tidak berkurang;
– Memiliki ukuran file yang kecil;
– Memiliki warna-warna yang solid (padat) cocok untuk bentuk-bentuk gambar sederhana, seperti logo, kartun, dan sebagainya.

Sedangkan kekurangan/kelemahan gambar vektor, yaitu:
– File gambar vektor tidak dapat ditampilkan langsung ke layar monitor;
– Tidak dapat menampilkan gambar secara realistis/natural.

3. Aplikasi Pengolah Gambar Vektor
Perangkat lunak CorelDRAW merupakan salahsatu program pengolah vektor yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer. Karena kemudahan dan keunggulan CorelDRAW, sehingga CorelDRAW sering dimanfaatkan untuk keperluan percetakan dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual (yang dapat dilihat). Selain CorelDRAW, ada beberapa perangkat lunak lain yang dapat mengolah vektor, seperti: Macromedia Freehand, Adobe Illustrator, Micrografix Designer, dll. Namun kemampuan CorelDRAW jauh lebih baik dan lebih mudah digunakan.

About azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

Ingin Jadi Penulis™

Posted on 30 Juli 2011, in Grafik, KBM, PKBM_tag, Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: