Manfaat Program Presentasi bagi Siswa

Tulisan ini sengaja disajikan dalam bentuk cerita, karena ide tulisan ini muncul ketika seorang siswa datang dan bertanya kepada saya.
Siswa tersebut bertanya: “Pak, apa si manfaat program presentasi bagi saya?”
Kemudian Saya jawab sambil kembali bertanya kepada siswa tersebut: “Kok tanya kepada saya, bukannya kamu sendiri yang merasakan manfaatnya ketika saya memaparkan materi pada saat mengajar?! Lantas apa yang kamu rasakan ketika saya mengajar dengan menggunakan program presentasi yang dipaparkan melalui Proyektor di dalam kelas?”

Dalam point jawaban manfaat penggunaan program presentasi dalam belajar yang disebutkan siswa tersebut, saya mengutip beberapa point jawaban siswa tersebut yang dianggap masuk logika, antara lain:

  1. Saya dapat menangkap uraian pelajaran/materi yang sedang diajarkan guru,
  2. Saya dapat mengetahui hal-hal (berupa benda atau sejennisnya) yang memang tidak terdapat pada lingkungan sekitar dan tidak bisa disajikan secara langsung, hal-hal tersebut disajikan dalam bentuk gambar pada presentasi,
  3. Saya dapat berfikir kritis dan analisis, dalam menangkap materi pelajaran yang sedang dipaparkan guru,
  4. dan yang lebih hebat lagi, saya dapat merasakan ruang belajar yang hidup.

Pada kesempatan ini saya berfikir, bahwa siswa sebenarnya mengetahui sendiri jawaban yang mereka butuhkan dan mampu menjawabnya ketika pada keadaan yang tidak begitu formal atau dalam keadaan santai.

Kurang dan lebihnya itu yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan pertimbangan bagi semua orang tua baik guru maupun wali siswa.

About azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

Ingin Jadi Penulis™

Posted on 13 Maret 2012, in KBM, Kelas X, Kelas XI, Kelas XII, PKBM_tag, Umum, Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.165 pengikut lainnya.

