Istilah-istilah Jaringan

B.    Istilah-istilah Jaringan
Sebelum lebih jauh berbicara mengenai jaringan, maka tidak akan terlepas dari beberapa istilah yang sangat akrab dengan dunia jaringan. Berikut adalah istilah-istilah dasar mengenai jaringan:

1.    Server,
adalah komputer yang menyediakan file/dokumen, sumber daya, atau layanan tertentu yang dibutuhkan dalam jaringan. Umumnya komputer yang dijadikan server akan memiliki spesifikasi hardware yang lebih tinggi dari komputer-komputer lain pada jaringan tersebut.

2.    Client,
adalah komputer yang membutuhkan layanan/informasi yang disedikan server.

3.    Node/terminal,
adalah semua hardware yang terhubung ke jaringan, entah itu berupa komputer server, komputer client, atau printer.

4.    Pear to pear,
adalah jaringan komputer yang tidak memiliki server maupun client. Artinya setiap komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut memiliki tingkatan yang sama. Umumnya pear to pear digunakan untuk sharing (berbagi pakai) data atau printer. Setiap komputer dalam jaringan tersebut dapat mengakses data atau printer yang terdapat pada komputer lain. Jaringan yang bersifat pear to pear ini sering disebut workgroup.

5.    Local dan Remote,
istilah local menunjukkan berbagai perangkat (hardware dan software) yang terdapat pada sebuah komputer itu sendiri. Jika komputer tersebut akan mengakses perangkat yang ada dalam dirinya sendiri, sudah tentu ia tidak perlu mengarungi jaringan, maka hal semacam ini disebut local. Akan tetapi jika komputer tersebut harus mengakses perangkat yang ada di komputer lain sehingga melewati jaringan, maka hal semacam itu disebut remote.

6.    Protocol,
dalam sebuah jaringan diibaratkan kumpulan manusia yang saling berkomunikasi, maka tentunya mereka harus mengerti bahasa yang sama agar dapat saling berkomunikasi. Dengan demikian, protokol dapat diumpamakan sebagai bahasa tersebut. Protocol yang paling umum digunakan sehingga pasti dikenal oleh berbagaimacam jaringan adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Ibarat bahasa, TCP/IP adalah Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional.

7.    Gateway,
berfungsi sebagai antarmuka sebuah jaringan bersekala kecil dengan jaringan bersekala besar, misalnya antara LAN dengan Internet.

8.    Kartu jaringan (LAN Card),
merupakan hardware yang bertugas menerjemahkan sinyal-sinyal jaringan kebentuk data yang dimengerti komputer.

ke Daftar Isi
ke Area Jaringan

About these ads

Tentang azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

Ingin Jadi Penulis™

Posted on 14 November 2011, in Internet & Jaringan, Kelas X, Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.164 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: