Power Amplifier 1000 Watt Sanken

Anda bisa bayangkan, betapa menggelegar suara dari Power Amplifier 1000 Watt Sanken. Karena rangkaian ini telah dirancang agar menghasilkan suara yang memuaskan.

Berikut adalah skema rangkaian amplifier 1000 watt Skema Rangkaian 1000 watt Sanken.

skema rangkaian
skema rangkaian

PCB/Layout
PCB/Layout

Untuk merakit catu daya DC dan transistor keluaran harus besar, gunakan kabel yang berukuran besar antara 1,5 – 3mm. Pasokan yang digunakan transformator (travo) dengan 20A/45Ct dan setidaknya harus menggunakan kapasitor 4x10000uf/80 volt. Rangaian ini mampu memasok daya 10000watt sehingga transistor daya akan sangat panas, maka berilah kipas pendingin baik di transisitor daya atau di sekitarnya.

Sedangkan Transistor alternatif untuk pengganti 2SA1494 adalah 2SA1216 dari Sanken. Transistor ini memiliki disipasi daya 200-350 watt pada setiap pasangnya.

Sehingga mampu untuk operasi jangka panjang lebih tahan lama. Perlu diingat, dipasaran biasanya transistor ini dijual secara sepasang, sehingga Anda tidak dapat membeli 2SC2922 sendiri tanpa 2SA1216 atau 2SA1494 tanpa 2SC3858. Kisaran harga transitor tersebut adalah Rp. 30.000-40.000/pasangan.

Namun sayangnya, ditempat saya PCB untuk rangkaian ini tidak dijual dalam bentuk PCB yang masih kosong alias tanpa isi komponen, namun sudah bentuk KIT yang sudah siap pake… maka dari itu saya sertakan gambar layout dari PA (Power Amplifier) ini… dari layout tersebut, anda bisa menjiplaknya ke dalam PCB titik..

selamat mencoba.

About these ads

Tentang azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

Ingin Jadi Penulis™

Posted on 7 Juni 2011, in Elektronik. Bookmark the permalink. 20 Komentar.

  1. mas tolong di posting sirkuit ampli yg pake transistor MJ 15003 dan MJ 15004,masalahnya aku ada transistor tsb di rumahku…tapi aku masih blm menemukan sirkuit yg pas utk tr jengkolan yg satu ini, by Manokwari…

  2. Tolong gmbar skemanya dibuat

  3. berapa waat kah resistor yang akan di gunkan Ampifer 1000waat sanken?

  4. Gan nanya nih ….. mana TR yg lebih baik untuk power 1000wt ? Sanken 2SC2922/2SA1216 (a) atau 2SC3858/2SA1494 (b) ? dan bagai mana kalo dicampur ? maksudnya sepasanga (a) dan sepasang (b) dalam satu power! tolong gan !

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      digabung kaya gitu sepertinya gak masalah tu gan… soalnya belum lama ini saya pernah gabungin TR mexiko dengan malaysia, hasilnya gak ada perubahan.
      cuman lebih optimalnya di buat sepasang2 aja agan misalnya KITnya dibuat stereo gitu…

  5. minta layout pandangan bawahnya sich mas bro…??

  6. salam jumpa mas, saya mau minta bantuan nch saya coba merakit power sanken mono 2x800w selesai dengan protector type HD40A dan interface LKX47. yg jd masalah sewaktu saya nyambung kabel out dari interface ke inp power protectornya tidak bekerja lampu protector kedip terus relay tidak on tp kalau saya lepaskan sambungan masuk ke inp. power, protectornya bekerja relay on saya jadi bingung mohon bantuannya kang mas.

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      klo boleh tau yang masbro maksud interface itu apa…?? kebetulan saya juga mas masih belajar, pengen nyoba sharing2 gitu…

  7. ini pcbnya gimana caranya kalo mau beli?

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      ditempat saya PCB blazer tidak dijual dipasaran..

      klo mau buat sendiri saja pake PCB kosong atau pcb titik..
      semoga membantu…

      • deyna_diry@yahoo.com

        Ini kan ayah saya mas yang tertarik, lha ayah saya ini tertarik sama pcb yg mas buat, kemarin waktu baca di blog bisa dibeli gitu..
        Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

      • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

        kalo ditempat lain saya belum tahu mas, tapi kalo ditempat saya PCB blazer tidak dijual, yang ada hanya KIT yang sudah jadi.. harganya waktu saya beli 180ribu..

      • mas maaf, PCB/Layout tolong di cantumin pin kaki tr final (B C E), dan rakitan gk seperti biasanya… R 0,5 ohm 5 watt dll, biasanya di pasang di di emitor, kok di pasang di kolektornya, maaf mas sekali lagi apa gk salah..?

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      ditempat saya PCB blazer tidak dijual dipasaran.. klo mau buat sendiri saja pake PCB kosong …

  8. salam kenal (Bagus) – maaf mas gambar pcb layout itu dah bener ya maksutnya jalur2nya gak salah ya, kebetulan dari lay outnya sudah saya gambar pake Cad – rencana akan saya coba

    • azli ⎝⏠⏝⏠⎠ zank™

      nanti mas layout’y belum sempet aku koreksi lagi…
      layout itu aku ambil dari blog sebelah (solfegio.indonesianforum.net).. kebetulan aku punya kit yang sudah jadinya yang dibeli dari pasar. tapi sekali lagi maaf belum sempet aku koreksi. karena belum ada waktu luang..

      makasih mas sudah mampir.. nanti kalo sudah dikoreksi aku update..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.164 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: